fbpx
AcneBeauty TipsBlogCOVID-19Skincare 101

Tips Menggunakan Masker Kesehatan untuk Acne-Prone Skin

By April 12, 2020 No Comments

Tips Menggunakan Masker Kesehatan untuk Acne-Prone Skin

Dalam upaya menekan angka penyebaran COVID-19 atau virus Corona di Indonesia, pemerintah sudah membuat beberapa keputusan, yaitu diantaranya;

  • Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSSB).
  • Kewajiban menggunakan masker kesehatan di tempat umum.
  • Selalu menjaga kebersihan dan hidup sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebaiknya selalu ditaati ya untuk kebaikan kita bersama 🤗

Jika tidak ada kebutuhan yang mendesak, lebih baik untuk #dirumahaja yuk! Tahan dulu keinginan untuk ngopi bareng teman atau liburan ke pantai.

Bagi Beauty Lovers yang malah breakout dan muncul jerawat padahal sedang #dirumahaja dan tidak sempat perawatan Hydrafacial, Fotona Laser Acne, atau Acne Combat (gabungan dari Hydrafacial dan Fotona Laser Acne), bisa dicek yuk artikel Acne S.O.S ini, tentang home remedies mengatasi jerawat. Acne acne go away, don’t come again another day~

Kalaupun ada kegiatan diluar rumah yang harus dilakukan dan urgent, jangan lupa untuk selalu pakai masker lho! Tetapi, permasalahan yang sering muncul, menggunakan masker pada waktu yang lama dan di iklim panas dan lembab seperti di Indonesia dapat meningkatkan produksi sebum dan menyumbat pori-pori, sehingga dapat menimbulkan jerawat/peradangan kulit. 

Berikut ini tips-tips untuk Beauty Lovers yang memiliki acne-prone skin agar tidak mudah berjerawat ketika memakai masker!

1. Pastikan masker yang kamu akan pakai bersih dan higienis

Simpan masker ditempat yang kering dan tertutup agar tidak mudah terpapar debu atau bakteri.

  • Jika kamu pakai masker kain, pastikan mencucinya dengan bersih setelah digunakan.
  • Jika kamu pakai masker bedah atau N95, pastikan dibeli dari tempat yang terpercaya, sehingga terjamin baru dan bukan masker bekas yang diolah lagi.
tips pakai masker untuk wajah berjerawat
2. Perhatikan cara menaruh masker
healthy mask

Jangan menaruh sisi masker yang terkena kulit di sembarang tempat, karena bakteri dan virus bisa menempel yang akan mengganggu kesehatan kulit serta tubuh kita. Big no no!

Usahakan untuk segera memakai masker yang baru dikeluarkan dari box penyimpanan atau lemari pakaian.

3. Gunakan masker sesuai anjuran intensitas pemakaiannya
  • Untuk masker kain yang reusable, bisa dicuci dan dipakai kembali. Setidaknya, ganti masker kain setiap sehari sekali.
  • Untuk masker bedah atau N95, biasanya hanya bisa sekali pakai, lalu langsung dibuang. Perhatikan dan patuhi cara penggunaan serta info yang ada dikemasannya.

Jangan menggunakan masker yang sama secara berulang-ulang tanpa diganti atau dicuci ya Beauty Lovers! Hal itu dikarenakan masker sudah terkontaminasi virus dan bakteri, sehingga harus segera dicuci atau dibuang agar tidak meningkatkan penyebaran penyakit.

masker kain reusable
4. Heavy Make-Up is a NO.
masker n95

Jika ingin menggunakan make-up, usahakan yang seminimal mungkin dengan bahan-bahan yang menyerap minyak atau membuat wajah matte. Hindari dulu dewy make-up atau full-glam make-up, karena akan bercampur dengan keringat dan meningkatkan kemungkinan pori-pori tersumbat yang nantinya akan menyebabkan jerawat.

5. Don’t skip your skincare routine!
  • Selalu double-cleansing meski hanya memakai make-up yang ringan. Kulit wajah yang bersih adalah kunci dari penyerapan bahan-bahan skincare yang maksimal.
  • Eksfoliasi secara rutin agar kulit mati tidak menumpuk. Gunakan produk exfoliant yang cocok untuk kulitmu! Untuk acne-prone skin, sebisa mungkin hindari penggunaan face scrub ya.
  • And last, gunakan sheet-mask jika dibutuhkan kulit.
skincare routine untuk kulit beruntusan

Yuk pakai masker untuk kesehatanmu, dan jangan takut jerawatan! 😉

Leave a Reply