fbpx
Anti AgingBlogHydrationSkincare 101

Kolagen Solusi Lembap dan Awet Muda

By April 20, 2021 No Comments
Anti Aging

Kolagen Solusi Lembap dan Awet Muda

Mulai usia 30 tahun ke atas, perlahan kulit akan menampilkan tanda penuaan dan dehidrasi. Biasanya ditandai dalam bentuk kerutan halus di sekitar mulut dan hidung, serta munculnya bintik-bintik hitam dan lingkaran hitam di area mata. Hal-hal tersebut memang tidak dapat dihindari, karena seiring bertambahnya usia maka produksi kolagen dalam tubuh akan semakin berkurang.  Sayangnya, makeup hanya bertugas untuk menutupi kekurangan kulit dari luar, tapi tidak mampu memperbaiki regenerasi kulit secara alami. Sebelum mengetahui alasan mengapa kolagen menjadi solusi dan lembap awet muda, kita berkenalan lebih dalam dengan kolagen dulu ya.

Apa itu kolagen?

Kolagen adalah komponen utama dari jaringan ikat yang membentuk beberapa bagian tubuh, termasuk tendon, ligamen, kulit, dan otot. Ia termasuk ke dalam protein yang menghubungkan satu jaringan ke jaringan lainnya dalam tubuh manusia. Fungsinya adalah untuk meregenerasi, menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Bahkan sebenarnya kolagen memiliki banyak fungsi lainnya, seperti melindungi organ tubuh, menjaga kesehatan sendi dan otot, serta mencegah pengeroposan tulang.

Jumlahnya sendiri bisa mencapai sekitar 30% dari seluruh jumlah protein yang ada dalam tubuh. Tubuh yang sehat mampu memproduksi kolagen melalui asam amino, vitamin, dan juga mineral yang masuk ke dalam tubuh. Namun, karena berbagai faktor kolagen dalam tubuh pun akan berkurang dan berdampak pada berkurangnya elastisitas kulit.

wanita kekurangan kolagen

Solusi lembap dan awet muda

Saat usia bertambah bersama dengan gaya hidup tidak sehat, tak heran bila kulit menunjukan gejala dehidrasi. Diantaranya kulit terasa kering, sehingga semakin tidak elastis, bersisik atau menampilkan garis halus. Dalam persoalan ini, kolagen berperan melembapkan kulit secara alami dan mencerahkan kulit.  Hal ini terjadi lantaran di dalam kolagen terdapat asam amino yang bertugas untuk menjaga regenerasi kulit, sehingga kulit terluar tetap nampak halus dan sehat. Regenerasi kulit mendukung pelepasan sel kulit mati, dan akan segera tergantikan dengan sel baru yang muda jauh lebih sehat. Jika sintesa kolagen terus berjalan di dalam tubuh, kulit akan menjadi lembap dan tampak cerah.

Tidak berhenti di situ, kolagen juga membantu kulit tetap awet muda dan terlihat kencang. Seiring dengan sehatnya pertumbuhan kolagen, maka ia akan membantu produksi protein lain yang membantu menata kulit, termasuk elastin dan fibrillin.  Ia memiliki kemampuan untuk mengisi bagian yang cekung pada kulit untuk memperbaiki kulit wajah yang kendur, mengurangi keriput akibat penuaan, dan menghapus bekas luka dangkal seperti bekas jerawat.

Ciri kekurangan kolagen

Dengan berbagai fungsinya ke banyak organ tubuh, sendi, otot, tulang dan kulit, bisa dikatakan kolagen memiliki peran yang cukup vital bagi tubuh. Melewati usia 25 tahun, tanda bahwa tubuh kekurangan kolagen akan semakin jelas dan terasa. Lalu, apa saja hal yang memberi pertanda bahwa tubuh kekurangan kolagen?

  • Muncul tanda penuaan dini, biasanya berupa garis halus dan kulit kusam
  • Nyeri dan kaku pada sendi
  • Masalah pencernaan seperti diare dan konstipasi
  • Munculnya selulit di beberapa bagian tubuh
  • Tekanan darah terhambat, ditandai dengan sakit kepala dan mudah lelah

Penyebab rusaknya kolagen

Penuaan merupakan suatu hal yang pasti akan datang. Meskipun begitu, setidaknya kita bisa melakukan beberapa hal agar tidak memperparah kondisi yang ada. Berikut ini adalah lima faktor diketahui yang dapat memicu rusaknya kolagen lebih cepat, yaitu:

  • Kurangnya asupan vitamin dan mineral
  • Terlalu sering terpapar sinar UV dan blue light dari gawai elektronik
  • Kurang jam tidur
  • Konsumsi gula yang berlebihan
  • Memiliki kebiasaan merokok dan alkohol

Dalam beberapa tahun terakhir, kolagen cukup populer sebagai suplemen nutrisi, lotion untuk kulit tubuh, bahkan bahan shampo. Sebagian besar produsen memanfaatkan kolagen dihidrolisis atau kolagen yang telah dipecah, dengan klaim untuk memudahkan tubuh menyerapnya. Namun apakah kenyataannya demikian?

suplemen kolagen pada wanita

Dampak penggunaan suplemen kolagen

Dewasa ini banyak orang juga mulai menggunakan suplemen kolagen sebagai asupan harian karena faktor kemudahannya. Sama halnya dengan obat-obatan, penggunaan suplemen kolegen juga memberikan risiko negatif atau efek sampingyang perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan beberapa supelen terbuat dari alergen, contohnya ialah ikan, kerang, dan telur. Bagi yang memiliki alergi, tentunya jenis suplemen dengan bahan ini harus dihindari. Dampak lainnya adalah adanya potensi efek samping pada pencernaan, seperti rasa kenyang, kembung, dan mulas. Pada suplemen kolagen yang terbuat dari sumber laut, ia juga menyebabkan bau mulut yang terasa tidak enak.

Krim kolagen tidak memengaruhi kulit secara langsung

Karena luas diketahui bahwa kolagen solusi kulit lembap dan awet muda, kini merek lokal maupun internasional telah banyak memasarkan berbagai jenis krim kolagen. Krim ini diklaim dapat meremajakan kulit, memudarkan keriput, dan memperbaiki kerusakan struktur kulit. Namun banyak yang belum mengetahui bahwa karena berbentuk krim, maka produk jenis ini hanya dapat bekerja pada permukaan kulit.

Sesungguhnya kolagen diproduksi oleh fibroblas, yaitu sel kulit khusus yang terletak di lapisan dermis (lapisan ini berada kira-kira 2 mm di bawah lapisan kulit epidermis). Untuk memberi sinyal atau menghidupkan produksi protein struktural kulit, sel fibroblast memiliki reseptor berbentuk khusus pada membran luar yang bertindak sebagai tempat pengikatan yang dapat menampung molekul sinyal dengan bentuk yang cocok. Ketika reseptor terikat oleh kombinasi molekul sinyal yang benar, fibroblast baru dapat memulai produksi kolagen. Inilah alasan mengapa kita memerlukan stimulasi lebih dari sekedar pemakaian produk di permukaan kulit.

krim wajah kolagen awet muda

Investasi terbaik

Mencari solusi lembap awet muda memang gampang-gampang susah ya, beauty lovers?  Tapi tenang saja, seiring dengan kemajuan teknologi, ditemukan pula cara yang aman dan efektif untuk meningkatkan kolagen secara natural pada kulit. Bio-expander adalah perawatan bio-remodelling yang mampu meningkatkan produksi kolagen dan elastin baru untuk kulit yang kencang, lembap, dan kenyal. Cara kerjanya adalah dengan menstimulasi empat jenis kolagen dan elastin, serta menggandakan sel-sel indok adiposit.

Di balik keunggulan Bio-expander

Rahasianya adalah pada konsentrasi Hyaluronic Acid (HA) yang tinggi dan memiliki 3 jenis molekul HA yg berbeda dalam 1 syringe. Bio-expander yang disuntikkan ke lapisan dermis akan memberikan sinyal ke reseptor CD-44 untuk menghasilkan lebih banyak kolagen dan elastin, proses inilah yang disebut sebagai Biostimulation. Setelah disuntikkan, Bio-expander diproses secara termal sehingga terurai secara berangsur-angsur untuk memberi proses Biostimulation jangka panjang. Proses alami ini tercipta di dalam kulit kita yang memberi kita proses peremajaan yang lebih lama.

Prosedurnya sendiri sangat cepat loh. Titik injeksi akan dipilih secara cermat oleh dokter untuk dapat menyebar secara optimal di lapisan kulit yang tepat. Bio-expander juga aman dikombinasikan dengan perawatan lainnya, cocok untuk kamu yang ingin memperbaiki masalah kulit lain di waktu bersamaan. Sebelum masalah kulit semakin meningkat, investasi terbaik tentu harus dimulai secepat mungkin bukan, beauty lovers?

bio-expander awer muda dan lembap

Leave a Reply