fbpx
Anti AgingBeauty TipsBlogHydrationSkincare 101

Kerutan Pada Kulit Berminyak, Apa Mungkin?

By December 11, 2020 No Comments

snisnipp

Aging, MedikPro Treatment

Kerutan Pada Kulit Berminyak, Apa Mungkin?

Pernah mendengar stereotip bahwa pemilik kulit berminyak rentan berjerawat dan komedo? Stereotip lainnya mengatakan bahwa orang dengan kulit berminyak akan bebas kerutan dan selalu nampak awet muda. Kenyataannya, kulit berminyak memang menua dengan cara yang berbeda dengan jenis kulit lainnya. Tapi itu bukan berarti resiko terjadinya kerutan pada kulit berminya menjadi lebih sedikit atau tidak ada. Sebelum mencari tahu tentang terbentuknya kerutan pada kulit berminyak, yuk cek dulu apakah tanda-tanda ini ada padamu?

Kulit berminyak dan kerutan

Tanda-tanda penuaan

Sebenarnya ada banyak sekali tanda penuaan pada kulit yang bisa dideteksi sendiri, dan terbentuknya kerutan hanyalah salah satunya. Di bawah ini adalah tanda-tanda penuaan yang biasa terjadi pada usia dewasa:

  1. Pigmentasi
  2. Wajah terlihat lebih lebar
  3. Penipisan kulit
  4. Pori-pori membesar
  5. Perubahan  warna
  6. Garis halus / Kerutan
Kulit berminyak dan penuaan

Alasan terbentuknya kerutan

Kerutan terjadi bukan dipengaruhi oleh produksi minyak. Dalam hal anti aging, faktor lain justru jauh lebih berpengaruh daripada faktor genetik. Peningkatan resiko terbentuknya kulit kendur dapat dipengaruhi oleh kondisi-kondisi yang tertera di bawah ini:

Berkurangnya elastisitas kulit

Benar adanya bahwa kondisi kulit paling prima adalah di usia dua puluhan. Di atas usia tersebut, muncul proses penuaan yang alami di mana pembaruan sel kulit semakin berkurang. Kolagen dan elastin yang bertugas menopang struktur kulit berangsur menghilang, inilah yang membuat kulit kurang kencang dan menampakkan kerutan dan juga garis halus.

Ekspresi wajah yang konsisten

Ekspresi wajah kita lakukan dengan tujuan menunjukan emosi, entah itu senang, sedih, terkejut, dan lainnya. Pengulangan ekspresi ini dapat menjadi titik awal pembentukan keriput. Cobalah untuk melihat ke cermin sambil tersenyum, cemberut, atau mengerutkan dahi karena berpikir keras, di titik-titik itulah kerutan bisa terbentuk di wajahmu.

Paparan sinar UV

Dampak paling umum yang diketahui masyarakat dari sinar matahari hanyalah penggelapan warna kulit. Oleh karenanya banyak sekali orang yang masih meremehkan paparan sinar UV dan abai pada penggunaan tabir surya. Padahal komponen Ultraviolet A (UVA) mampu menembus ke lapisan dermis dan perlahan-lahan merusak elastin dan kolagen. Proses ini kemudian dapat menyebabkan penuaan dini, keriput, serta kulit kendur.

Gaya hidup yang buruk

Gaya hidup yang dimaksud di sini adalah kebiasaan merokok dan bergadang. Rokok memiliki kandungan nikotin yang bisa mempersempit pembuluh darah. Inilah yang menyebabkan kulit menjadi mengendur karena kekurangan asupan oksigen. Selanjutnya, pada saat tidur tubuh akan membentuk kolagen, namun jika kamu kurang tidur, maka produksi tersebut akan terganggu dan berkurang. Jika kamu sering terjebak pada hal-hal di atas, yuk mulai perbaiki gaya hidupmu dan perbanyak makanan sehat ya, Beauty Lovers.

Bagaimana kulit menua tergantung jenisnya?

Secara genetik, kulit kering cenderung lebih tipis dan pori-pori lebih kecil. Sebaliknya, kulit berminyak memiliki pori-pori yang lebih besar sebagai bantalan ekstra pada dan menjaga kelembutan kulit, di mana terdapat lebih banyak kelenjar minyak. Karena itu, kerutan pada kulit berminyak mungkin menjadi kurang terlihat. Namun, sebenarnya kulit berminyak tetap memiliki garis yang lebih dalam dan juga warna kulit tidak merata.

Kulit Facelift Ultherapy Jakarta

Penuaan pada area mata

Khusus pada area mata, hasil studi di tahun 2015 menunjukan bahwa keberadaan kelenjar minyak tidak berhubungan dengan keriput di area mata. Garis halus pada area mata ini memiliki penampakan yang sama jelasnya terlepas dari apapun jenis kulitnya. Jadi bukan berarti kulit berminyak tidak memiliki kerutan ya, Beauty Lovers. Sesungguhnya penampilan garis halus dan kerutan pada kulit berminyak hanya lebih tersamarkan secara visual oleh tekstur minyak di permukaan kulit.

Saran terbaik

Proses Pengerjaan Ultherapy Jakarta

Untuk mencegah kerutan pada kulit berminyak, hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, tidak pernah melewatkan sun screen, tidak merokok, dan cukup tidur. Sayangnya, untuk kerutan yang terbentuk di bagian bawah wajah, merawat kulit dengan produk skincare tidak bisa memberikan perubahan yang besar dikarenakan penyebab utamanya ada pada otot. Untuk mendapatkan tampilan kulit tanpa kerutan, dibutuhkan energi panas yang ditujukan pada kedalaman yang berbeda: otot, kulit, dan garis halus. Inilah mengapa teknologi micro focused ultrasound tepat untuk masalah kerutan kulit berminyak maupun bukan.

Ultherapy® dapat mencapai semua lapisan tersebut dengan menggunakan micro focused ultrasound untuk menstimulasi regenerasi kolagen di lapisan-lapisan tersebut. Walau menggunakan suhu yang tinggi, namun tidak memanaskan kulit bagian luar. Inilah yang menyebabkan Ultherapy® dapat merawat kulit tanpa rasa sakit. Hasilnya, kulit mendapatkan lebih banyak penopang untuk hasil yang kencang dan bebas kerut. Tentunya tanpa sayatan operasi dan hampir zero-downtime.

Leave a Reply