fbpx
Anti AgingBlogHydration

Is Your Skin Dry or Dehydrated?

By March 11, 2020 No Comments
Salient Powered

Is Your Skin Dry or Dehydrated?

Selain tubuh ternyata kulit juga bisa mengalami dehidrasi loh. Jangan sampai beauty lovers keliru yaa membedakan kulit kering dan dehidrasi. Walaupun mirip namun ternyata kulit kering dan dehidrasi sangatlah berbeda, apa saja ciri-ciri dan perbedaannya?

Air vs Minyak

Kulit kering adalah kondisi dimana kulit kekurangan sebum (minyak) sehingga kulit kehilangan radiant nya dan terkadang terasa kasar. Sedangkan kulit dehidrasi adalah kondisi kulit yang kekurangan kadar air di dalam jaringannya.

Sebaiknya kadar air dan minyak di kulit terutama wajah haruslah seimbang. Air berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit sehingga metabolisme kulit juga menjadi baik. Seperti kita ketahui setiap sel di dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Sedangkan minyak atau sebum berfungsi sebagai lapisan barrier kulit dan mengunci moisture di dalam.

Genetik vs Sementara

Bila beauty lovers mengalami kulit kering bisa jadi karena itu faktor keturunan dan kulit kering itu merupakan jenis kulit yang merupakan bawaan sehingga tidak dapat dihindari.

Sedangkan kulit dehidrasi bersifat sementara dan dapat dialami oleh semua jenis kulit. Beberapa penyebab kulit dehidrasi diantaranya berpergian ke negara saat musim dingin, terlalu sering mencuci muka tanpa diikuti dengan pemakaian skincare atau moisturizer, dan lain sebagainya. Saat kadar air yang dibutuhkan sudah terpenuhi kembali maka kondisi kulit beauty lovers akan kembali normal.

Mengelupas vs Breakout

kulit iritasi kering

Saat kulit beauty lovers sangat kering maka kulit akan terasa seperti mengelupas dan muncul flek putih dan dapat dirasakan di seluruh area tubuh seperti wajah, siku, tumit bahkan kulit kepala.

Saat kulit dehidrasi – walaupun terkadang beauty lovers merasa sebagian area berminyak- kulit cenderung mengalami apa yang kita sebut breakout yakni jerawat, bruntusan ataupun iritasi kemerahan. Ciri-ciri ini menandakan kulit sedang kehausan dan butuh asupan air atau hyaluronic acid.

Lalu apa tips atau cara untuk mengatasi kulit kering?

sheet mask bagus
1

Gunakan rangkaian skincare untuk tipe kulit kering / dry skin, mulai dari toner, facial foam, serum, pelembab, juga usahakan memilih sunscreen yang mengandung moisturizer. Sangat dianjurkan untuk memilih skincare dengan kandungan hyaluronic acid.
2

Hindari produk-produk kecantikan yang memiliki kandungan chemical yang keras.
3

Hindari mencuci wajah terlalu sering. Pastikan untuk selalu menggunakan moisturizer setelah mencuci wajah.
4

Gunakan masker wajah untuk menjaga kelembaban kulit. Jika beauty lovers sibuk, sheets mask adalah pilihan yang tepat. Pilihlah masker wajah yang berfungsi untuk melembabkan seperti avocado, aloe vera, dan sejenisnya.
5

Melakukan perawatan wajah khusus untuk kulit kering. Facial pada umumnya hanya berperan untuk pembersihan wajah dari kulit mati dan komedo. Perawatan seperti ini tidak mampu memberikan kadar air yang dibutuhkan oleh kulit kering atau dehidrasi. Akibatnya kulit hanya akan terhidrasi sementara oleh masker yang digunakan dalam rangkaian facial namun masalah kulit kering akan tetap tidak teratasi.

Perawatan wajah yang disarankan untuk kulit kering

Leave a Reply